1.Nama Penulis/Tahun 
Basu Swastha Dharmmesta/1999     
2.Judul Penelitian 
Loyalitas pelanggan : Sebuah kajian konseptual    sebagai panduan bagi
peneliti.     
3.Sumber Jurnal     
A. dharmmesta, B.S  (1992), "Riset tentang     
minat dan perilaku konsumen : sebuah catatan     
dan tantangan bagi peneliti yang mengacu pada      
"Theory OF Reasoned Action," jurnal Ekonomi dan Bisnis     
Indonesia,Vol .  VIII,NO 1 H, 39-53.     
B. Dharmmesta,B.S (1997),"Keputusan-keputusan strategi      
untuk mengeksplorasi sikap dan perilaku konsumen," Jurnal      
Ekonomi dan Bisnis Indonesia,Vol 12,NO 3,H 1-17     
4.Masalah yang menjadi dasar Penilitian ini adalah      
A. Apakah loyalitasn pelanggan itu berhubungan dengan      
Masalah/Tema/Topik  Merek?     
B.Mengapa pengukuran loyalitas merek dipergunakan      
di loyalitas pelanggan?     
C. Bagaimana mengidentifikasi Pelanggan yang loyal pada     
Merek?     
5.Teori-teori yang digunakan  
1. pemasaran
2. Perilaku Konsumen.     
6.Tujuan penelitian
1. Untuk Perencanaan Pasar Strategi.     
2. Untuk mengidentifikasi kepuasan pelanggan terhadap      
Merek?     
3. Untuk mengetahui tahap-tahap loyalitas pelanggan yang     
dipergunakan.     
7.Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa :     
Loyalitas pelanggan dan loyalitas merek menunjukkan hal      
yang sama oleh karena itu penggunannya tidak dibedakan dan      
dapat diutarakan secara silih beganti.     
8.Metode-metode Objek Merek dan atribut lain yang melekat produk,akan tetapi atribut Penelitian lain seperti kualitas,kemasan,warna dan sebagainya.     
9.Jenis data 
a. Data Primer     
b. Data Sekunder.     
c. pengambilan sampel pada konsumen dengan wawancara.     
d. Daftar Pustaka.     
10.Model/teori yang di uji 
S¹= b₀+b¹perf¹+b₂E¹+b³ St-1+ Trend+Nt     
Keterangan :     
S¹= Kepuasan pada periode T     
Perf¹ = Kinerja (perilaku pada tingkat Perusahaan).     
Et = Pengharapan tentang kinerja pada periode t.     
Trend = Faktor tren standart untuk memperhitungkan      
perubahan kepuasan dari tahun ke tahun.     
Nt = Variabel  random yang terdistribusi secara indenpeden      
dan identik dengan rata-rata nol dan variabel terbatas.     
11.Deskriptif/ Interprstasi data 
Karena pendekatan behavioral menekankan pada tindakan rill     
konsumen dalam pembelian ulang maka model matematis      
dimuka dapat dimodifikasi ke dalam model konseptual.     
12.Kesimpulan dan keterbatasan 
Kesimpulan dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa merek itu      
terbentuk mulai ketika konsumen masih anak-anak dan      
menginjak dewasa (Guest,1964 dalam Salomon 1996) oleh     
karena itu pemasar perlu menentukan Pelanggan sasarannya     
lebih awal dalam daur hidup mereka. Konsumen yang loyal      
pada merek akan membentuk suatu basis yang solid seperti     
Profitabilitas merek pengukuran Loyalitas merek melibatkan     
pembelian ulang dan komitmen pada merek. Di samping itu,     
loyalitas merek yang dikembangkan mencangkup semua aspek     
psikologi konsumen secara total agar tidak mudah berubah,     
yaitu aspek kognitif,efektif, konatif,dan tindakan.pengujian      
tentang terjadinya loyalitas dengan mengumpulkan tentang      
terjadinya loyalitas dengan mengumpulkanantara sikap relatif      
dan pembelian ulang dalam kerangkapendekatan attitudinal      
dan behavioural. Dapat dilakukanmelalui penelitian lebih      
lanjut dimasa mendatang.
mutiara cinta
10 tahun yang lalu
mbak/mas, bagaimana cara mendapatkan jurnal dari dharmmesta??
BalasHapus